Senin, 18 Januari 2016

Manfaat bermain Futsal

Seperti kita tahu, futsal adalah permainan sepakbola yang dilakukan dalam ruangan (Indoor). Olahraga ini dimainkan oleh dua tim yang beranggotakan masing-masing lima orang. Dalam beberapa tahun belakangan ini, Futsal telah menjadi tren dan banyak dimainkan oleh semua kalangan, baik anak-anak, remaja maupun usia dewasa.

Semua olahraga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, tidak terkecuali dengan futsal, jika Anda melakukan olahraga ini secara teratur, maka tubuh Anda akan semakin kuat. Selain itu, jika rutin bermain futsal maka anda dapat membakar sekitar 650 kalori, yang sangat baik bagi anda yang menjalankan program diet. Selain  itu, olahraga futsal dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan memperlancar sirkulasi oksigen di dalam tubuh. Jika Anda menyukai olahraga ini, maka peluang untuk menurunkan berat badan akan semakin terbuka. Dengan turunnya berat badan, hal ini tentu turut membantu menjaga kesehatan tubuh.

Selain untuk kesehatan, banyak manfaat lainnya yang diperoleh dari olahraga futsal. Berikut ini ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari olahraga futsal:

Kemampuan Teknik 

Dibandingkan dengan sepakbola, olahraga futsal memiliki perbedaan yang sangat besar karena sepakbola dimainkan di lapangan konvensional. Lapangan konvensional memiliki ukuran yang jauh lebih besar dari lapangan futsal. Tak heran jika sepakbola lebih menekankan kekuatan fisik dan tenaga, sedangkan futsal lebih menekankan pada kemampuan teknik khususnya teknik dasar seperti mengumpan, menggiring, kontrol bola dan menembak. 

Baca juga: Perbedaan-Perbedaan Futsal dan Sepakbola

Keberhasilan sebuah tim dalam permainan futsal sangat dipengaruhi oleh kemampuan tim dalam kemampuan mengusai bola dan mengoper bola dalam umpan-umpan pendek dan cepat.

Kedua hal ini yang menjadi ciri khas dari olahraga futsal yaitu menguasai bola dengan baik dan mengandalkan bola-bola bawah dengan passing yang akurat dan cepat ke sasaran. Hal ini coba dilakukan dalam sepak bola seperti Klub Barcelona. Tim ini memiliki penguasaan bola lebih banyak dengan umpan-umpan pendek dan cepat. Barcelona sering mendominasi penguasaan bola dan memenangkan pertandingan. Disinilah peranan futsal yang dapat meningkatkan teknik pemain, baik untuk pemain futsal juga bagi pemain sepakbola.

Baca juga: Teknik Dasar Bermain Futsal

Kerjasama Tim

Dalam olahraga futsal, kerjasama tim yang baik merupakan faktor yang sangat penting untuk memenangkan suatu pertandingan. Lainnya halnya di sepakbola, sebuah tim bisa memenangkan suatu pertandingan dengan one man show (ditentukan oleh satu pemain)Futsal lebih menekankan umpan-umpan pendek dan cepat, sehingga setiap pemain dalam satu tim harus berkontribusi. Tujuannya untuk membentuk organisasi yang rapih dan kuat baik dalam bertahan maupun menyerang. Kerjasama dari setiap pemain dalam sebuah tim sangat dibutuhkan.

Kerjasama tim bisa dilakukan dari proses latihan dimana antar pemain saling mengenal karakter rekan satu tim. Kerja sama tim dibutuhkan tidak hanya dalam permainan saja tetapi komunikasi antar pemain dalam lapangan harus terjalin dengan baik. Tanpa kerjasama dan komunikasi yang baik maka organisasi tim yang dibangun tidak akan berjalan dengan baik dan kemenangan akan sulit untuk diraih. Ini menunjukkan bahwa dalam permainan futsal dibutuhkan kerjasama tim yang baik.

Kekuatan Fisik Dan Daya Tahan 

Permainan yang dimainkan dengan tempo tinggi dan cepat adalah ciri khas permainan futsal. 
Untuk itu dibutuhkan pemain yang memiliki fisik dan daya tahan yang kuat. Hal ini akan sangat menentukan keberhasilan sebuah tim dalam memenangkan pertandingan. Ini bisa kita lihat pada pertandingan futsal dengan seringnya pelatih mengganti pemainnya dalam waktu singkat. Selain bertujuan untuk merubah strategi, pelatih membutuhkan pemain futsal yang memiliki stamina dan daya tahan yang kuat untuk melakukan permainan dengan tempo tinggi dan cepat.

Berpikir Cepat 

Olahraga futsal yang dimainkan dalam tempo yang tinggi dan cepat menuntut pemain untuk berpikir cepat dalam mengambil keputusan. Apabila pemain telat dalam mengambil keputusan akan mengakibatkan kerugian bagi tim. Jadi bukan hanya membutuhkan kemampuan fisik dan teknik pemain yang tinggi, namun kecepatan berpikir dan mengambil keputusan dalam permainan disaat yang tepat juga merupakan faktor yang sangat penting dalam olahraga ini. 

Kecerdasan

Futsal adalah permainan yang membutuhkan strategi dan taktik dan hal ini berkembang setiap saat. Adu strategi dan taktik antara pelatih dari kedua tim menuntut setiap pemain dalam tim memiliki kecerdasan antara lain dalam hal membaca pergerakan lawan atau membaca permainan lawannya. Selain itu pemain juga dituntut untuk bisa berimprovisasi dalam permainan. Pemain futsal yang memiliki kecerdasan yang baik tentu mempunyai visi permainan yang baik pula. 

Disiplin

Futsal juga membantu setiap pemain untuk meningkatkan kedisiplinannya baik di dalam lapangan juga di luar lapangan. Pemain futsal yang baik akan menjaga kedisiplinannya, namun tidak hanya  dalam pertandingan tetapi juga di saat latihan dengan tim. Pemain yang baik tentunya akan menghargai waktu, menghargai pelatih, dan menghargai rekan-rekannya yang terlebih dahulu datang tepat waktu latihan.

Kedisiplinan juga dalam hal menjaga pola hidup yang baik seperti pola makan, asupan gizi dan vitamin. Istirahat juga sangat menentukan bagi seorang pemain dalam menjaga stamina dan daya tahan. Jika kedisiplinan di luar lapangan dibangun dengan kesadaran tinggi, maka dengan sendirinya kedisiplinan dalam pertandingan akan terbangun secara otomatis.

Hiburan 

Banyak orang yang berolahraga futsal selain karena futsal adalah hobi tetapi juga untuk menghibur diri mereka dari stres dan kejenuhan. Dengan bermain futsal, kejenuhan dalam melakukan aktifitas sehari-hari bisa berkurang. Selain sebagai hiburan, saat ini futsal juga telah menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat di kalangan tertentu yang ingin menikmati keindahan permainan futsal. Dengan futsal yang dimainkan dengan tempo permainan yang tinggi dan cepat, umpan-umpan pendek yang akurat, serta pergerakan antara pemain yang dinamis dan berpola dapat memberikan hiburan bagi masyarakat khususnya pencinta olahraga futsal.

Semoga manfaat-manfat futsal diatas bisa memberikan inspirasi kepada para Anda khususnya kepada para pencinta olahraga futsal. Diharapkan olahraga futsal bisa berkembang di Indonesia dengan baik dan bisa melahirkan pemain-pemain futsal berkualitas buat tim nasional kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar